21/09/2024

Busur Mamasa

The New Mamasa Bersih Melayani

Diskusi Epic Pj Bupati Mamasa dengan PT. Cipta Agri Pratama, Bahas Peluang Besar Budidaya Pisang Cavendish

Pj Bupati Mamasa Diskusi dengan PT. Cipta Agri Pratama, Bahas Peluang Besar Budidaya Pisang Cavendish (Foto Dok. Tim Kreatif)

Busur Mamasa- Upaya mengembangkan varietas Pisang Cavendish, Penjabat (PJ) Bupati Mamasa, Dr. Muhammad Zain menyambut tamu dari PT. Cipta Agri Pratama di Aula Rumah Jabatan Mamasa, Sabtu (7/9/2024).

Diskusi epic bersama para pelaku usaha dan akademisi, terkait peluang besar budidaya pisang Cavendish di Kabupaten Mamasa. Mengeksplorasi manfaat ekonomi dari budidaya pisang yang tergolong premium.

Zain menyampaikan, Kabupaten Mamasa memiliki iklim dan tanah yang sangat cocok untuk pengembangan pisang Cavendish, pemerintah daerah berupaya memberikan dukungan penuh, baik dalam bentuk pelatihan, bantuan bibit unggul dari Provinsi hingga akses pasar yang lebih luas.

“Ini peluang emas untuk meningkatkan pendapatan petani sekaligus memperkuat posisi Mamada sebagai penghasil pisang, berkontribusi pangan untuk IKN,” Zain.

Ia menambahkan, pertanian merupakan peluang kerja primadona. Empat pilar Indonesia Emas 2045 punya turunan 14 peta jalan, hal pertama digagas adalah Recilient Growth, Food Security (keamanan pangan). Semua itu tidak lepas dari peran para petani.

Peluang Besar Budidaya Pisang Cavendish
(Foto Dok. Tim Kreatif)

Yoga Pratama juga menenrangkan aspek teknis budidaya pisang Cavendish, termasuk kebutuhan air, pengendalian hama, cara meningkatkan produktivitas tanaman hingga peluang pasar.

“Saat ini, kami siapkan 400 ribu bibit Cavendish. Namun petani umumnya mengalami masalah pemasaran. Kami mendorong masyarakat berbondong-bondong ikut program KUR, untuk dibantu akses permodalan dari bank BPD dan BRI,” ucap Yoga.

Yoga melanjutkan, anggaran KUR bisa mencapai ratusan juta tanpa agunan (100 juta/petani). Namun regulasinya yang sudah dapat manfaat KUR, sudah tidak bisa lagi kedua kalinya. Mesti dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Saat ini, sudah ada 50 petani yang merasakan bantuan KUR. Pemanfaatannya 1 hektar untuk 2.000 pohon, 1 pohon cavendish rata-rata mencapai 20 kg satu tandan, artinya 1 hektar bisa mencapai 40 ton satu kali panen. Memiliki tiga jenis harga, grade A, B dan C, katakanlah 5.000, dikali 4.000 kg, hasilnya bisa sampai 200 juta,” tambahnya.

Cavendish, masih Yoga, Berbuah pada umur
8-9 bulan. Sementara pinjaman 12 bulan bisa bisa terbayarkan bahkan memiliki hasil lebih. Sementara pisang memiliki tiga generasi, bisa panen berkali-kali. Ini peluang yang mesti dijemput.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.